Keringat lindungi tubuh dari bakteri jahat

Image

Tak semua orang suka berkeringat. Berkeringat terkadang membuat tubuh lengket dan bau. Namun jangan salah, keringat ternyata jua bisa menjadi alat untuk melindungi tubuh dari kuman dan bakteri jahat.

Penelitian menemukan bahwa keringat mengandung antibiotik alami bernama demcidin yang sangat efisien untuk melawan bakteri penyebab tuberkulosis (TBC) dan kuman jahat lainnya, seperti dilansir oleh Times of India (28/02).

Keringat menyebarkan antibiotik yang sangat efisien pada kulit kita yang bisa melindungi tubuh dari bakteri berbahaya. Jika kulit terluka, misalkan terkena pisau, jatuh, atau digigit oleh nyamuk, agen antibiotik dalam keringat akan secara cepat dan efisien membunuh bakteri yang masuk.

Peneliti juga menemukan bahwa zat alami yang dinamakan antimicrobal peptides (AMPs) ini lebih efektif dibandingkan semua jenis antibiotik yang ada, karena bakteri dan kuman tak bisa dengan cepat mengembangkan perlawanan terhadap zat tersebut.

Peneliti dari University of Edinburgh dan Goettingen, Tuebingen, dan Strasbourg berharap penemuan ini bisa membantu untuk membuat antibiotik baru yang lebih berkualitas.

[kun]
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: